Minggu, 08 Juni 2014

Ujian... oh ujian...

 Sakit
Besok mahasiswa Andalas bakal memasuki  hari pertama pertempuran pemikiran, nurani, dan hati. Apakah itu??
Yap, UJIAN…
Mungkin bagi sebagian orang agak kramat mendengar kata ini. Tapi sebaiknya enjoy aja lagi…
Ujian Akhiri Semua(UAS) kesibukan semester ini. Semoga saja yang pada ujian mendapatkan hasil maksimal, dan keajaiban ketikan ujian. Tapi,bukan dari melihat kiri kanan loh..bukan plagiat hasil ujian orang lain.
Tapi, sebenarnya aku bukan mau cerita ujian looh…
 Tapi, kejadian sebelum ujian ini. Banyak banget mahasiswa  yang tumbang sebelum pertempuran itu dimulai. Beberapa hari yang lalu, aku juga sakit flu dan demam tinggi. Tapi, aku mah cuek aja kalau sakitnya baru “Cuma” segitu, paling yang dibutuhin itu dalah istirahat cukup,minum air putih, berdo’a dan minta sama Alllah agar dikaruniakan lagi nikmat kesehatan itu. Pas sakit rasanya kita diingatkan karna mungkin sudah terlena dengan sehat yg diberikan Alllah sehingga lupa untuk bersyukur dan memanfaatkan raga yang kuat ini untuk beribadah kepada Nya. Itu adalah bentuk teguran sayang dari –Nya. So sweet….. :D
Aku biasa kalau sakit itu sedikit menghindari minum obat terutama sakit yg tergolong ringan (flu, batuk, demam biasa dll). “Nah looooo…. Kan farmasis kok gak mau minum obat sih???”
Tenang friends… Kalau sakitnya parah tentu obat bisa jadi perantara untuk membantu kesmbuhan, jadi gak prlu dihindari juga buat minum obat.  Karna Allah juga melihat ikhtiar kita sob… menurutku obat itu ikhtiar..
Ini ada Tips saat sakit :
1.       Hadapi aja hidup ini dngan enjoy, gak usah terlalu kaku, dan bikin rasa sakitmu bertambah. Gimana mau enjoy kalau kita sakit???
Caranya : tersenyum, positif thinking
2.       Perbaiki mindset tentang sakit
Yang harus kita perbaiki dulu itu adalah mindset, yaaaa… mindset bahwa sakit itu bukan penderitaan tapi bisa jadi ia adalah teguran atau peringatan agar kita tidak terlalu menforsir tubuh untuk bekerja melebihi kemampuannya. Misalnya aja mahasiswa yang keburu deadline tugas, lalu ‘begadang’ setiap malam sampai-sampai lupa tidur, lupa makan. Padahal tubuh punya hak looh buat istirahat, begitu juga mata, tangan , dan kaki kita. Nah… jadilah sakit itu sebagai alarm dari si tubuh. Dan juga bisa jadi sakit itu adalah cara Allah membersihkan dosa kita yang mungkin sudah menumpuk. Astagfirullah…
3.       Jangan memikirkan hal –hal yang negatif
Misalnya : “Ya… Allah mungkin umurku sudah sampai… “
Atau “ kenapa ya… teman2 ku pada cuek semua, gak ada yang perhatian sama aku !” . Daripada mikirin itu, mending perbanyak do’a dan berhusnuzhon. Bisa jadi teman kita gak tau kalau lagi sakit. Atau dia lagi sibuk dengan urusannya yang lain. Ingat “ tidak semua manusia mengerti parasaan yang ada di hati kita, bahkan teman karib sekalipun. Maka jangan berharap orang untuk selalu memahami kita.
4.       Banyak minum air putih, makan makanan bergizi, dan teratur
Selama sakit kebutuhab nutrisi  yang masuk harus tetap kita jaga, karna nutrisi sangat penting dalam metabolisme tubuh. Kalau nutrisi juga kurang, maka bisa jadi timbul penyakit lain karna system imun kita melemah. Yuk… makan minum makanan bergizi…seimbang dan gak berlebihan.
5.       Banyak berdo’a dan ibadah
Ingat! Sakit itu adalah atas izin dari Allah SWT, maka jika pengen sehat jangan lupa meminta kepadaNya. Rendahkan diri kita dihadapan Allah lalu mintalah(do'a), karna hanya Allah yang bisa mengembalikan nikmat itu.
6.       Hindari faktor pencetus
Faktor pencetus adalah hal, kegiatan, benda, atau allergen yang menyebabkan kita bisa jatuh sakit. Misalnya nih begadang, tidak makan, banyak fikiran/stress, minum racun(gak sengaja) 
Nah, yang terakhir ini juga sangat penting untuk diperhatikan.

Yap, mungkin itu aja yang bisa ane bagi, jika bermanfaat maka silahkan di share. Kalau tidak monggo dilupakan saja.  Semoga yang lagi sakit segera diberi kesembuhan oleh Allah SWT. Tetap semangat and always happy… J

Arigatou…

Tidak ada komentar: