Senin, 21 September 2015

Keuntungan Tinggal di Asrama Mahasiswa

Saat kamu kuliah, banyak pilihan tempat tinggal yang bisa kamu pilih. Ada kos, rumah kontrakan, asrama mahasiswa, dan rumah sendiri. Namun, dari semua itu saya akan memberikan gambaran keuntungan yang kamu dapat jika hidup di asrama mahasiswa. Berikut beberapa kelebihan tinggal di asrama :

1. Memiliki Banyak Teman dari Berbagai Jurusan/Fakultas

Saat kamu kuliah kemungkinan untuk bertemu dengan mahasiswa dari jurusan lain sangat sedikit. Apalagi bagi kamu yang sering kuliah di jurusan atau fakultas. Untuk itu asrama merupakan tempat yang paling cocok bagi kamu jika ingin memiliki banyak kenalan dan teman dari jurusan yang berbeda. Dengan banyaknya teman kamu bisa saling sharing dan berbagi cerita mengenai masalah kamu dengan mereka. Tambahan lagi biasanya dalam menyelesaikan suatu permasalahan secara bersama akan lebih mudah dengan berbagai sudut pandang.

2. Asrama Ttempat Belajar Hidup Bermasyarakat

Asrama merupakan miniatur kehidupan masyarakat yang akan kamu hadapi setelah tamat kuliah. Dengan banyaknya orang yang tinggal diasrama dari berbagai jurusan, asal daerah dan latar belakang keluarga membuat kehidupan asrama menjadi lebih berwarna. Sering terjadi berbagai permasalahan mulai dari yang kecil sampai permasalahan komplek. Hal ini juga akan kamu temukan nanti di masyarakat. Disini kamu akan melihat berbagai tipe orang yang mungkin belum pernah kamu temui sebelum ini. Jadi hidup di asrama sangat cocok buat kamu yang ingin sukses nanti di masyarakat.

3.  Dengan Tinggal di Asrama Berarti Kamu Sedang Belajar Hidup MANDIRI

 Jika sebelum ini kamu tinggal dengan orang tua, dimana semua keperluan kamu sudah disiapkan. Maka saat hidup diasrama adalah saat dimana kamu harus mengerjakan semua pekerjaan sendiri. Mulai dari masak nasi, mencuci piring, menyuci baju, menggosok, dan membersihkan kamar akan kamu lakukan sendiri. Dengan demikian kamu akan belajar bagaimana hidup mandiri jauh dari orang tua. Selain itu tinggal di asrama juga akan melatih kedewasaan kamu dalam mengelola keuangan pribadi. Hal - hal diatas merupakan bekal bagi kamu dalam mebina sebuah keluarga baru nantinya.

4. Asrama Tempat Belajar Berorganisasi dan Melatih Softskill

Biasanya diasrama ada semacam organisasi khusu yang di peruntukan kepada mahasiswa yang tinggal diasrama. Paling minimal harus akan ada ketua jika sudah berkumpul 2 orang atau lebih. Maka melatih kemampuan leadership dan softskill merupakan hal yang otomatis akan kamu dapatkan jika memilih tinggal diasrama. Selain itu organisasi akan menjadi langkah awal kamu untuk lebih sukses nanti di dunia pekerjaaan karena sudah terbiasa menyelesaikan berbagai persoalan. Teman satu organisasi biasanya sudah seperti keluarga sendiri.

5. Asrama Tempat Belajar Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Diasrama akan ada pembinaan yang akan kamu dapatkan. Misal, sholat subuh berjama'ah di masjid. Dengan sholat subuh rutin berjamaah maka kamu akan mendapatkan ketenangan dan pikiran yang fresh sebelum berangkat kuliah. Waktu pagi merupakan waktu yang tepat untuk belajar dan memikirkan berbagai solusi. Pendiri wardah, ibu Nurhayati Subakat pernah berkata "Biasanya saya akan menemukan solusi dari permasalahan yang saya hadapi itu setelah sholat subuh". Wooow, mantep banget kan?
Jadi, jangan kesal kalau disuruh shalat berjama'ah kemasjid yaaa...
semangat !

Ditulis oleh : Khalidazia (Pembina Asrama Unand)

Tidak ada komentar: