Jumat, 30 Desember 2016

Sayonara 2016

Alhamdulillah...
Akhirnya hari-hari yang berat dan menyenangkan di tahun ini sudah terlewati. Begitu banyak kisah yang ingin kuceritakan pada mereka kelak dimasa depan juga untuk diriku yang akan terus menuju tua. Setidaknya dengan menuliskan aku sudah menyimpan kisah2 remaja yang kulewati dan mengikatnya hingga ia tak lari. 
"Kamu lihat kamu lupa, kamu dengar kamu lupa, kalau kamu catat maka kamu akan bisa menbacanya lagi suatu saat nanti".
"Ilmu itu ibarat keledai, maka ikatlah ia dengan tali, yaitu dengan mencatat": Ali bin Abi Thalib

Lets begin my journey in this year....

Januari
Aku masih tercatat sebagia mahasiswa tahun akhir dan pembina asrama di Universitas Andalas. Jujur sebenarnya ini tidak tahun akhir lagi tapi sudah lewat 4 tahun dari target study S1 ku. Tidak pernah terbayang sebelumnya aku akan menjalani penelitian hampir satu tahun ditambah dengan seminar hasil dan kompre total menjadi 1,5 tahun. Udah kayak ambil kuliah S2 kan? wkwkwk
Alhamdulillah penelitian ku tinggal sedikit lagi, yaitu menguji permeabilitas terhadap uap air membran dari 3 formulasi yang berbeda. Awal kendala mengapa penelitian ku lama, salah satu nya adalah uji ini. Karena aku harus menguji 9 formula dengan waktu satu formula selama 12 hari. Jadi ini sangat memakan waktu jika tidak diakali dengan menambah botol uji.
Sedangkan kegiatan ku sebagai pembina asrama masih belum terlalu padat, karena mahasiswa masih libur semester. Oia, aku ingat kami (pembina asrama) mengadakan liburan bersama ke pulau setan, Painan. Pulau ini dekat dengan puncak mandeh yang terkenal itu. Liburan kali ini sangat menyenangkan. Kami naik kapal ke pulau tersebut dan menikmati keindahan pulau yang masih alami. Aku suka laut dan ini salah satu unforgettable moment selama aku menjadi pembina asrama.
Asik banget berenang disekitar sini, alami, seger dan asri

Disekitar pulau cubadak, Airnya, masyaAllah biru kehijauan gitu...


Februari_Maret_April
Bulan yang lumayan berat, karena di asrama mulai banyak kegiatan dan skripsi yang menuntut untuk segera diselesaikan. Berkali-kali aku mencoba mendaftar untuk ikut seminar, tapi gagal karena ketidaksiapan ku dan berbagai masalah-masalah yang muncul. Awalnya aku punya target untuk wisuda bulan februari, setelah gagal di bulan agustus dan november. Namun, ternyata ini bukan saatnya, sehingga februari pun gagal. Lalu aku buat target lagi agar segera menyelesaikan di bulan april agar bisa wisuda mei, ternyata aku gagal lagi. MasyaAllah sebaik2 pembuat rencana adalah Allah swt. 
Bulan ini aku ada teman baru dari Jepang namnya Chiyuki san, beliau lagi mengikuti student exchange di Unand. Aku jadi mendapat teman belajar bahasa jepang dan ngobrol tentang Jepang. Sangat inspiratif. Aku bilang ke Chiyuki, "One-san aku sangat suka Jepang, dan aku sangat ingin pergi kesana. Mohon doakan aku bisa kuliah disana ya. Sampai jumpa tahun depan".
Saat dia mau pulang dia ngasih aku hadiah Macha dan surat kecil seperti gambar dibawah:

Belajar bersama

Sayonara, One-Chan....



Tidak ada komentar: